Tips : Khasiat Minyak Kayu Putih

Posted: 12 May 2011 in Lain-lain

Sang Primadona Dengan Berbagai Khasiat

Hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan nama kayu putih. Umumnya orang mengenal kayu putih hanya sebatas minyak yang berwarna jernih kehijauan, transparan, mudah menguap dengan aroma yang menyegarkan, digunakan sebagai obat masuk angin atau perut kembung. Tapi ternyata minyak kayu putih punya BANYAK MANFAAT !

Pengalaman pribadi saya, beberapa tahun lalu pernah menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan jamur air yang menempel di tangki bensin, bodi, kaca spion, lampu dan spakbor motor. sebetulnya untuk penghilang noda, dan jamur air berbagai merek banyak dijual di pasaran. Hanya saja pertimbangan saya adalah mungkin saja bahan yang digunakan memiliki kandungan bahan kimia yang justru akan membuat warna cat lama kelamaan pudar, dan terkadang malas untuk coba2 juga sih .. hehe

Kenapa warna cat cepat kusam? Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi, salah satunya seringnya terkena air hujan lalu dibiarkan begitu saja selama berhari hari berminggu minggu kemudian berbulan bulan bahkan mungkin tahunan, akhirnya cat terbungkus kerak/jamur air yang membuat warna menjadi kusam, untunglah waktu itu rekan dalam satu komunitas menganjurkan saya menggunakan minyak kayu putih sebagai cairan untuk menghilangkan jamur air tersebut, awalnya saya kurang yakin. Tetapi setelah mendapatkan informasi dari beberapa postingan baik di forum mailing list serta artikel yang dimuat di situs situs otomotif, maka saya segera mencobanya. Pertama-tama bersihkan debu dengan lap kering, teteskan minyak kayu putih ke lap bersih atau langsung ke bagian noda/jamur air yang menempel (secukupnya), segera gosokkan lap bersih secara perlahan dan berulang “usek usek usek…usek .. dst“. tidak perlu dibilas dengan air karena tidak berminyak dan mudah kering. Lakukan berulang ulang alhasil bintik air yang membandel segera menghilang, hehe mantep bro !. Akhirnya sejak saat itu Minyak kayu putih menjadi primadona untuk merawat bodi kendaraan baik motor/mobil tetep kinclong. Oh ya minyak kayu putih juga tidak mengandung alcohol dan tidak ada efek samping. Selamat mencoba !

Berikut beberapa posting artikel yang mengupas bagaimana si kayu putih begitu hebat !
1. Minyak kayu putih dapat membersihkan sisa gambar tempel atau bekas permen karet yang menempel yang biasanya sangat sulit untuk kita hilangkan (laely-widjajati.blogspot.com)
2. Minyak kayu putih dan jeruk nipis, dapat menghilangkan Kutu Rambut Diperkirakan sekitar 15% anak Indonesia mengalami masalah kutu rambut yang mengisap darah manusia lewat kulit kepala. Meskipun kutu rambut tidak menimbulkan masalah kesehatan serius, keberadaannya bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan karena menimbulkan gatal terus-menerus di kepala. Salah satu Penanganan secara alami yaitu dengan Minyak kayu putih dan jeruk nipis Caranya : Campur beberapa sendok minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi rambut, dan pijatlah kulit kepala dan remas-remaslah rambut dengan merata selama beberapa menit. Tutuplah kulit kepala dengan topi mandi plastik dan biarkan cairan bekerja selama satu jam. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Ulangi beberapa kali dalam seminggu. (majalahkesehatan.com)
3. Mengobati Batuk Rejan (batuk seratus kali), Sewaktu saya masih kecil, pernah mengalami batuk seratus hari, orang tua saya sudah membawa ke dokter untuk berobat, tapi hasilnya belum ada. Suatu hari, saya pergi ke luar kota, selam perjalanan batuk saya menjadi-jadi. Ketika itu teman seperjalanan (seorang nenek), mengambil kencur dari dalam setagennya, ia melumatkan kencur tersebut, dan dicampurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih, campuran ini diberi beberapa sendok teh air hangat dan diminumkan kepada saya. Sewaktu malam tiba, batuk saya berkurang. Setiap pagi hari dan menjelang tidur, ibu saya mengulangi memberi ramuan tersebut, sampai akhirnya saya sembuh sebelum 3 bulan. Saat ini, pengobatan tersebut selalu saya lakukan kepada anak-anak, hasilnya belum pernah mengecewakan. (www.saratmanfaat.com)
4. Minyak kayu untuk alat elektronik dan lem sticker Sebagai pengalaman pribadi saya waktu itu kebingungan mencari cairan pembersih untuk membersihkan alat elektronik Tape, VCD dan layar monitor saya. Akhirnya saya iseng coba-coba menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkannya. Saya tuangkan sedikit ke bagian noda dan berdebu lalu dilap merata, setelah beberapa lama saya lap akhirnya Tape dan VCD saya kembali kinclong, Selain itu ternyata minyak kayu putih juga bisa menghilangkan lem bekas seticker! tidak merusak properti, biasanya cairan pembersih yang bagus dan bisa membasmi noda bandel itu keras dan cenderung merusak material, apalagi plastik semacam body komputer dan laptop, jadi saya sarankan gunakan minyak kayu putih untuk membersihkanya karna lebih aman. Oh ya ternyata Minyak kayu putih juga bisa dipergunakan sebagai pembersih karat, hal ini di informasikan oleh temen saya yang berpropesi sebagai tukang service alat alat elektronik seperti komponen, tape, VCD, dan Handphone. (rukzolanganz.wordpress.com)

Untuk mengenal lebih dekat mengenai kayu putih, silahkan baca ulasan dibawah ini :
Kayu putih (Melaleuca leucadendron Linn) adalah pohon anggota suku Myrtaceae (jambu-jambuan) dari genus Melaleuca yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih (oleum cajeputi, cajuput oil). Nama lain kayu putih adalah cajeput, cajuput, galam (Sunda), gelam (Jawa, Madura) atau dalam bahasa Inggris disebut swamp tea-tree. Kayu putih tumbuh liar di wilayah Asia Tenggara, Papua Nugini,Australia utara dan barat serta Queensland. Tumbuhan ini juga bisa dijumpai di daerah-daerah lain yang memiliki Musim kemarau.
Di Indonesia, kayu putih tumbuh di kepulauan Maluku meliputi pulau Buru, Seram dan Ambon. Kayu putih telah dibudidayakan di Jawa Tengah sejak tahun 1926. Bibit tanaman berasal dari Pulau Buru. Budidaya kayu putih ini bertujuan untuk produksi minyak kayu putih.

Penggunaan Minyak Kayu Putih Secara Tradisional, Daun kayu putih yang bersifat antibakteria dan anti inflamasi, secara tradisional digunakan untuk mengobati rasa sakit/ nyeri, luka bakar, pilek, influenza, dan dyspepsia (gangguan pencernaan). Dapat diminum untuk mengobati batuk, pilek, asma, sakit perut dan kolik. Buah dan daun kayu putih berkhasiat untuk obat masuk angin dan penghangat badan. Resep tradisional untuk pengobatan masuk angin menggunakan 15 gram buah kayu putih segar yang direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, didinginkan lalu disaring. Hasil saringannya diminum pagi dan sore.

Kandungan Minyak Kayu Putih
Kayu putih mengandung saponin, flavonoida dan tanin. dibuat dengan cara ekstraksi melalui penyulingan daun atau ranting pohon kayu putih. Nama kayu putih diambil dari warna batang pohonnya yang berwarna putih. Kandungan minyak kayu putih adalah eukaliptol (1,8-cineol) (komponen terbesar, sekitar 60%), á-terpineol dan ester asetatnya, á-pinen, dan limonen. Dari daun dan batang kayu putih dapat diisolasi beberapa senyawa, diantaranya adalah betulin, friedelin, uvaol, sitosterol dan taraxastenone. (gudangmadu.com)

Comments
  1. noizz says:

    info yang sangat berguna…tks

  2. arik says:

    baru dengar dan sepertinya harus dicoba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s